kalo difikir2 belajar itu ngebosenin ya? Tapi kalo ada
tipsnya kayaknya nggak deh... ini bukan sekedar kata sih. Aku udah pernah
praktekin dan ini bukan real dariku...
menurutku ampuh deh. Tapi kalo enggak... ya... gapapa.
Tips belajar yang menarik :
1 belajar dengan kebiasaan
Belajarlah
dengan cara sendiri. Jika suka musik maka belajarlah sambil mendengarkan musik.
Tapi tidak semua orang suka musik jadi cara ini nggak sepenuhnya ampuh. Ada juga
kan orang yang kalo belajar terus ada musik malah nggak konsen. Tapi setiap
orang berbeda kan?
Selain musih kita juga bisa belajar dengan menonton TV. Biar
lebih semangat bisa juga belajar sambil browsing :D itu bisa jadi penyemangat
loh. Misalnya kita males nyari artikel, tapi kalo artikelnya waktu dicari
sambil OL facebook, atau twitter atau apalah. Pasti lebih semangat. Tapi inget
tujuan awalnya belajar :D
2 buatlah tempat
belajar sendiri
Buatlah
tempat belajar yang nyaman. Bersih, indah, rapi... kalo suka nyemil bisa juga
dikasi cemilan di meja belajar :D biar
tetep konsen, siapin dulu materi apa yang mau dipelajari, baru memulai
pelajaran. Bukan memulai pelajaran dulu terus nyaru buku yang diperlukan.
3 niatilah, dengan doa, niat hati, dan usaha
Maksudnya
kita harus bener2 niat belajar bukan yang laen. Iklas sepenuhnya apa yang kita
pelajari biar masuk ke otak. Konsentrasilah. Dan janga lupa doa sebelum belajar
menurut kepercayaan masing2. Kalo ada materi yang nggak bisa, tanya aja ke
siapa gitu... kalo nggaktau juga, browsing aja. Kalo nggak ada juga... yaudah
nggak usah dikerjain :D kan habis usaha harus berserah diri kan...
4 meringkas materi yang akan di perlajari
Kadang kalo
pake cara yang ini agak males ya... soalnya harus baca dulu. Tapi insyaallah
dijamin kalo pake ini bakal tau. Yang asalnya
gatau sama sekali jadi tau banyak. Dan yang udah tau banyak malah tau lebih
banyak lagi... :D
5 jangan kelamaan
Kita belajar
ada waktunya sendiri, otak tidak harus diforsir secara terus menerus. Mungkin memberi
waktu pada diri kita untuk belajar itu cukup. Misalnya saya memberi waktu 1 jam
perhari untuk belajar. Segalanya diperhitungkan. Misal jam 3 sore Cuma 20 menit
berarti saya belajarnya kurang 40 menit. Tapi lebih baik tidak usah dipaksakan.
Kalo udah bosen terus dipaksa malah ga nyambung ntgar. Tapi itu kan udah
tanggung jawab, so... terserah aja :D
Kata temen
saya itu ada yg blg gni di sebuah akun twitter “terlalu banyak tugas bisa
menyebabkan siswa kurang ***********” nah itu... makanya kalo belajar jangan
terlalu diforsir kecuali otaknya kuat. Kalo saya sih gakuat lama2.
6 jangan belajar tidak tepat waktu
Maksudnya
jangan belajar pada waktu istirahat, karena itu akan menyebabkan otak kita tidak
istirahat. Misalnya jam 9 itu jam paling malem buat anak untuk tidur. Jam segitu
sebenernya udah ga boleh belajar lagi. Tapi kalo terpaksa yaudah gpapa :D
Misalnya
kita belajar jam 4 pagi aja? Itu kayaknya lebih seru gitu. Segalanya jadi agak
mudah. Soalnya jam segitu kita belum mikir apa2 jadi buat belajar itu masuk gt
materinya.
Sebagian dari ini adalah cara saya :D tapi yang lain bukan
-_-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar